Berkat Asam Asetat, Berikut 5 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Anda

Jurnalnesia.com – Selain untuk kebutuhan memasak, cuka apel sebenarnya telah digunakan sebagai bagian dari pengobatan semenjak ribuan tahun yang lalu. Meskipun terdapat sebagian orang yang mengeluhkan bahwa jenis cuka ini hanya mendatangkan malapetaka terhadap kesehatan mereka, tetapi penelitian baru-baru ini malah membuat popularitas cuka apel semakin meroket.

Bahkan banyak studi yang mendukung bahwa cuka apel bisa memberikan seseorang sejumlah manfaat kesehatan, termasuk perannya sebagai anti mikroba dan antioksidan di dalam tubuh kita.

Beberapa khasiat yang paling dikenal adalah kemampuannya dalam mengurangi berat badan, kolesterol, dan kadar gula dalam darah seseorang. Dengan begitu, anda pun bisa terhindar dari resiko terkena penyakit jantung dan diabetes tipe-2.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat mengonsumsi cuka apel sebagai bagian dari pola makan anda untuk kesehatan.

1. Tinggi Akan Senyawa Menyehatkan

Selain makronutrisi seperti karbohidrat, serat, dan lemak, tubuh anda pun sebenarnya memerlukan beragam mikronutrisi lainnya seperti senyawa tertentu dalam makanan.

Cuka apel sendiri dibuat dengan menjalani dua buah proses. Pertama, apel yang telah dihaluskan akan dimasukkan ke dalam ragi demi memfermentasi gula dan mengubahnya menjadi alkohol.

Kedua, bakteri kemudian ditambahkan untuk memfermentasi alkohol lebih lanjut, sehingga mengubahnya menjadi asam asetat yang merupakan senyawa aktif utama dalam cuka tersebut.

Asam asetat inilah yang memberikan aroma serta rasa asam yang kuat pada cuka apel. Para peneliti pun percaya bahwa senyawa ini bertanggung jawab atas sejuta manfaat kesehatan yang diberikan oleh cuka sari apel.

Selain itu, cuka sari apel organik tanpa filter juga mengandung zat yang disebut sebagai mother, yaitu senyawa yang terdiri dari untaian protein, enzim, dan bakteri ramah yang membuat cuka apel memiliki tampilan keruh.

2. Membunuh Bakteri Jahat

1 2 3Laman berikutnya
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 5 =

Back to top button