Doyan Makanan Pedas? Berikut 6 Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapatkan

Jurnalnesia.com – Anda penikmat makanan padang, sambal hijau, atau makanan pedas lainnya? Kebanyakan mengonsumsi makanan tersebut dianggap bisa memberikan efek negatif terhadap saluran pencernaan anda. Tetapi jika anda mampu mendapatkan asupannya secara seimbang dan teratur, malah bisa memberikan efek sebaliknya.

Ditambah lagi, sebagian besar rasa pedas dalam makanan Indonesia datang dari cabai merah atau cabai rawit. Kedua rempah-rempah tersebut sudah termasuk ke dalam tanaman herbal yang berguna dalam mengatasi berbagai macam penyakit, terutama penawar rasa sakit.

Tak hanya itu saja, makanan pedas pun biasanya dikemas dengan berbagai macam rempah-rempah lainnya seperti kayu manis, kunyit, bawang putih, jahe, dan lain sebagainya. Ini menjadikan makanan pedas kita memiliki khasiat lebih banyak bahkan berkali-kali lipat.

Masing-masing dari rempah-rempah saja sudah memiliki keutamaan berbeda dalam mendukung kesehatan tubuh, apalagi disatukan dalam satu hidangan utuh.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat mengonsumsi makanan pedas bagi kesehatan anda.

1. Meningkatkan Metabolisme

Menurunkan berat badan berlebih sambil menjaganya agar tetap seimbang merupakan salah satu bagian dari gaya hidup sehat. Hal ini karena kegemukan dan obesitas telah terbukti menjadi biang keladi dari berbagai macam penyakit mematikan, termasuk diabetes dan penyakit jantung.

Selain menjaga asupan kalori anda tetap seimbang, ternyata tingkat metabolisme pun memainkan peran yang sangat penting terhadap berat badan tubuh seseorang. Metabolisme sendiri bisa dipengaruhi oleh berbagai macam hal, dimulai dari kelenjar tiroid hingga pola makan seperti makanan pedas.

Terdapat banyak sekali penelitian yang telah mengindikasikan bahwa rempah-rempah tertentu – seperti jinten, kayu manis, kunyit, lada, dan cabai – mampu meningkatkan laju metabolisme istirahat, mengurangi nafsu makan, serta menekan pertumbuhan jaringan lemak.

Meskipun efeknya begitu ringan dan tidak bisa dijadikan alat untuk mengurangi berat badan anda, tetapi jika diimbangi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat, maka makanan pedas tentunya bisa mendukung kemudahan anda dalam mencapai tujuan tersebut.

2. Mengurangi Peradangan

1 2 3 4Laman berikutnya
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =

Back to top button