Investasi Yang Menguntungkan dan yang pasti aman bagi yang ingin memulai

jurnalnesia.com – Pengertian

sebelum kita melakukan investasi dan mendapatkan ke untunganya kita juga harus tau apa itu, Investasi ialah suatu bentuk kegiatan menaruh modal untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari, dan modal suatu investasi bisa berbagai macam seperti uang atau sumber daya lainya.karena dengan melakukan investasi  seseorang  bisa mempunyai jalan keluar untuk bisa melipatgandakan uang yang dimiliki dan tentu nya jika memilih tempat invetasi yang tepat

Tidak ada investasi yang mampu menjamin keuntungan yang seratus persen aman, bagaimanapun juga tidak ada seorangpun yang  bisa memprediksikan masa depan.

Banyak cara agar investasi kita untung tapi tetap kita harus tau dan pahami investasi yang kita pilih, sebelum melakukan kegiatan investasi ada beberapa hal yang perlu diperhatiakan dari seorang penanam modal ( investor ) yaitu.

Terverifikasi di OJK dan BEI

Sudah menjadi keharusan bagi seorang  investor untuk mecari tau dan mengecek  platform atau lembaga yang akan dipilih untuk berinvestasi sudah terdaftar di Otoritas jasa keungan ( OJK ) dan Bursa Efek Indonesia ( BEI ), agar terhindar dari kerugian ataupun maslah  yang cukup besar di kemudian harinya.

Mudah di pahami cara kerjanya

Ini adalah salah satu point yang penting dan mempengaruhi untuk seorang investor agar  tau bagai mana cara kerja atau sistem dari proses investasti tersebut di lembaga yang akan dipilihnya.

Mempunya reputasi,riwayat,rekam jejak yang baik

Mencari tau Reputasi yang baik dari sebuah perusahaan atau platform yang akan di investasikan modal akan memberikan kepercayaan dan menjanjikan kepada kita sebagai investor.

Tidak memberikan hasil yang terlalu muluk.

Hari ini siapa sih yang tidak terggoda untuk mendapatkan profit atau keuntungan yang cepat dan besar, sebaiknya jika ada yang diawal memberikan janji yang menggoda harus dicurigai

Stelah kita tau hal yang dapat membuat kita yakin untuk berinvestasi,seorang penanam modal ( investor ) juga harus tau Jenis agar dapat menyesuikan tujuan.

Terdapat dua model investasi, itu adalah :

1.  Investasi Jangka Panjang

    Investasi jangka panjang adalah jenis investasi yang membutuhkan waktu yang terbilang lama untuk mendaptkan hasil atau keuntungan,bisa dalam waktu tiga tahun,enam tahun bahkan bisa belasan ataupun puluhan tahun yang akan datang.

Walaupun jenis invetasi ini membutuhkan waktu yang cukup lama akan tetapi hasil yang didapat dari investasi ini memberikan keutungan yang lumayan tinggi di kemudian harinya seperti invetasi saham dan invetasi emas, yang tentunya bisa untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang yang akan datang. Investasi ini biasanya dipilih oleh orang-orang  yang mempersiapkan danapensiun,biaya pendidikan dan lain-lainya.

2. Investasi Jangka Pendek

    Berbeda halnya dengan investasi jangka panjang,investasi jangka pendek seorang penanam moda (Investor) bisa mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu satu tahun hingga empat tahun.

Investasi jangka pendek memang dapat memberikan keuntungan yang cukup cepat akan tetapi hasil yang didapat lebih rendah dari investasi jangka panjang,seperti halnya reksadana  adalah jenis investasi jangka pendek.

Dan biasanya investasi  jangka pendek dipilih seseorang  pemula atau baru mau memulai investasi dan juga bisa digunakan mempersiapkan dana Liburan,membeli sesuatu dan lain-lainya yang mendesak.

Ada begitu banyak macam investasi yang dapat memberikan kita keuntungan seperti :

Properti

Investasi ke properti bisa Tanah atau pun Bangunan , walaupun jenis investasi ini bisa dibilang mengutungkan akan tetepi memerlukan waktu yang cukup lama karena termasuk jenis investasi jangka panjang.

Emas ataupun logam mulia

merupakan suatu barang investasi yang paling digemari karena emas dapat bertahan dan meiningkat nilainya jika keadaan pasar mengalami perubahan, emas bisa jadi suatu alternatif investasi yang menguntungkan entah dalam jangka pendek atau pun panjang dan sangat mudah diperoleh.

Saham

investasi saham dapat memberikan ke untungan cukup besar  dibandingkan jenis investasi yang lainya akan tetapi invetasi di saham juga memiliki risiko yang cukup sangat besar dan saham memerlukan pengetahuan yang cukup banyak.

Tabungan Bank

menabung di bank bukan hanya menyimpan uang akan tetapi bisa menjadi invetasi walaupun presentase nya sangat kecil.

Deposito.

Jika kalian berharap untuk mndapatkan keuntungan yang lebih tinggi kalian dapat berinvestasi dalam bidang deposito di bank. Akan tetapi biasanya memerlukan modal yang cukup besar dan tidak se fleksibel manrik saldo sprti di tabungan bank.

Forex trading

konsep investasi ini mengacu pada mata uang asing dan memiliki resiko yang cukup besar walupun terdapat resiko yang terbilang besar, investasi model ini dapat menjadi investasi yang mengutungkan di kemudian hari.

Reksadana.

Reksadana ini dapat menghasilkan keuntungan dan memiliki resiko yag berbagaimacam. Karena di dlam invetasi reksadana ada berbagai macam jenisnya tergantung pilihan dan target seorang penanam modal.

Asuransi

juga bisa dijadikan salah satu instrumen untuk ber investasi, asuransi berguna unuk mengurangi kerugian bila terjadi resiko yang begitu mendadak seperti Sakit yang memerlukan biaya yang sangat besar.

Barang koleksi

Barang koleksi dari sebuah ketertarikan kita bahkan bisa dijadikan sebagai sebuah investasi seperti halnya action figur,lukisan,patung,kendaraan dan tentunya banyak lagi macamnya.

P2P Lending

Ialah jenis invetasi yang cukup baru dikarenakan instrumen ini muncul dan mulai diminati saat  kemajuan teknologi

Sudah pasti  jika seseorang melakukan investasi entah dalam jangka panjang ataupun jangka pendek akan ada manfaatnya di kemudian hari seperti :

1.    Memperoleh Financial Freedom

financial freedom ialah kondisi dimana pendapatan pasif yang berasal dari hasil investasi, kita yang nnti akan dapat memenuhi kebutuhan dan gaya hidup sehari-hari  tanpa perlu bergantung kepada pendapatan dari pekerjaan setiap bulannya.

2.    Memperoleh kekayaan dan nilai aset

Manfaat selanjutnya ialah dapat memiliki kekayaan dan aset  yang mampu bertambah tiap waktu.

3.    Melindungi kondisi finansial dari inflasi

Yang dimaksud adalh keadaan dimana keuangan ataupun finansial kita mengalami masalah yang cukup kompleks entah dari faktor eksternal ataupun internal.

4.    Memenuhi Kebutuhan ataupun hal  yang tidak terduga

Sperti halnya biaya untuk sekolah atau pun berobat di rumah sakit yang tentu nya memerlukan dana yang tidak sedikit, berbeda halnya jika kita memiliki investasi yang sudah mempersiapkan untuk hal macam tersebut tanpa harus bingung mencari dananya.

Inventasi yang menguntungkan merupakan impian bagi setiap investor karena dari ke untungan tersebut bisa memperoleh kehidupan yang nyaman untuk di masa yang akan datang, cermati dan sesuaikan apa yang kita inginkan dan butuhkan  dari sebuah investasi.

Jadi jangan ragu dan segera wujudkan impian untuk beriventasi sedini mungkin,karna masa depan tidak ada yang tau apa yang akan terjadi bagi tiap orang.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 10 =

Back to top button