WHO Ingin Selidiki Sumber Pandemi Corona

Jurnalnesia.com – Tim Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki dan mempelajari asal mula pandemi Covid-19 ingin bertemu dengan para ilmuwan China pada hari Jumat (29/1) dan mengunjungi banyak tempat seperti rumah sakit, laboratorium, juga pasar di Wuhan.

Tim itu sudah menyelesaikan karantina di hotel di Wuhan pada hari Kamis (28/1), dua minggu atau 14 hari usai tiba di kota Wuhan.

Misi itu sempat terhambat karena penundaan, kekhawatiran atas akses, serta hubungan diplomatic yang sedang tidak baik antara Amerika Serikat dan China terkait tuduhan penyembunyian asal mula wabah serta ketentuan kunjungan.

Tim yang terdiri dari para ahli independen itu akan tinggal selama dua minggu di China, serta berbincang bersama pasien awal Covid-19.

Salah satu anggota yang berkebangsaan Denmark, Thea Fischer, berkata bahwa ia akan berkunjung ke Pasar Grosir Boga Bahari Huanan yang konon menjadi awal mula virus Corona menyebar.

Fischer berkata bahwa kunjungan itu bisa memberikan wawasan yang lebih luas tentang apakah pasar tersebut benar-benar menjadi pusat penyebaran atau lokasi virus itu menguat.

Di sisi lain, sekelompok keluarga dari mendiang korban dan penyintas Covid-19 di China sebelumnya  sempat diberitakan berharap dapat menemui tim WHO, untuk menceritakan keterangan versi mereka soal caranya pemerintah setempat merespon pandemi ini.

Mereka tidak ingin tim WHO yang datang ke Cina seolah hanya menjadi stempel cap pembenaran untuk pemerintah China, dan tidak mengetahui serta mengungkapkan soal kebenaran.

Selain penanganan pandemi, China juga mendapatkan kritik keras karena bersikap keras kepada para penduduk dan tenaga kesehatan yang menceritakan soal penanganan Covid-19 di negara mereka. Bahkan mereka menjebloskan seorang penduduk ke penjara karena melaporkan situasi penanganan Covid-19 di Wuhan melalui sebuah platform media sosial.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − six =

Back to top button