Ungkap Bahaya Yang Dirasakan Dibalik Nikmatnya Susu Mentah Itu

Jurnalnesia.com – Bila ditanya pastilah susu itu pasti sangat bermanfaat bagi tubuh, selain sehat juga enak serta nikmat. Akan tetapi, bayangkan bila susu itu masihlah belum matang atau mentah ?

Susu ialah produk minuman yang umum digunakan sebagai konsumsi hariannya, dari segala usia. Selain dapat mengolahnya menjadi keju dan eskrim, tentu saja terdapat banyak protein yang terkandung dan berguna bagi kinerja sistem tubuh kita.

Kalian pasti tahu, jika gemar meminum susu tulang maupun gigi dapat tersehatkan. Apabila diminum rutin tiap hari, dapat membuat anak alami tumbuh kembang yang baik. Namun meski begitu, bila kalian tak mampu mengolah dengan Teknik yang benar. Untuk berbagai orang, susu yang belum matang pastilah dapat berikan sesuatu yang tak diinginkan dalam ha ini berupa bahaya.

Walaupun kini beberapa produk susu yang berada di pasaran sudah lalui proses pasteurisasi, namun masih saja orang yang nakal meminumnya dengan tidak lalui proses ini.

Timbulnya serangkaian bahaya bila meminum susu yang mentah

Berbagai peneliti telah berhasil lacak 87 kasus keracunan makanan yang sudah libatkan bakteri jahat, diantaranya : E. coli, campylobacter, listeria, dan salmonella. Itu ditemukan pada studi baru yang berada dalam jurnal Emerging Infectious Diseases yang sedang analisis data semenjak tahun 2009 sampai 2014.

Pihak peneliti memgungkapkan bahwa susu mentah ialah pelopor dari 96 % atas seluruh penyakit yang terjadi akibat timbulnya sekumpulan bakteri itu. Bila diperhitungkan rata-rata, maka susu mentah bisa picu 760 kasus wabah keracunan makanan per tahun, dan sejumlah 22 kasus di antaranya butuhkan rawat inap.

Terkait kejadian tersebut, peneliti hanya jelaskan bahwa permintaan konsumen untuk makanan organik telah alami peningkatan. Akan tetapi faktanya, produk makanan alami tak bisa lebih terjamin kualitasnya dibandingkan dengan yang konvensional. Telah dilakukan pembuktian dengan tingginya tingkat penyebaran penyakit yang berhasil menular lewat produk susu yang tanpa proses pasteurisasi.

Seirama dengan penelitian itu, tim CDC (Centers for Disease Control and Prevention) telah nyatakan bila konsumsi susu mentah tak akan mendapatkan keuntungan manfaat menyehatkan justru melainkan akan hanya menerima kerugian berupa penyakit yang kita rasakan. Lalu di lapangan telah terdapat fakta mencengangkan, yang katakan bahwa dibalik proses pasteurisasi susu ini belum pernah ditemukan adanya suatu gejala. Sebab akibat dari penyakit kronis, alergi, hingga gangguan kesehatan tubuh lain.

Arti dari Pasteursasi ini

Pasteurisasi ialah suatu proses untuk hangatkan susu, agar bisa menghilangkan berbagai bakteri jahat pada dalam susu. Bakteri itu seperti Listeria, E. coli, Salmonella, dan campylobacter.

Tahukah kalian ? Bahwa infeksi yang dilakukan bakteri bernama Salmonella ini mampu sebabkan gangguan pada sistem pencernaan hingga penyakit tifoid sekalipun. Terlebih lagi ini terserang pada anak yang belum memiliki daya tahan dan tubuhnya masih sangat lemah sehingga rentan terjangkit. Lain halnya Salmonella, bakteri Listeria ini mampu timbulkan keguguran bagi ibu hamil. Sekarang bila kalian sudah mengetahui risiko dari susu mentah itu, lebih baik kalian berpikirlah 2x sebelum mengkonsumsi maupun menawarkannya kepada orang lain.

Cara menentukan aman tidaknya susu itu

Untuk menghindari kemungkinan yang tak diinginkan ketahuilah cara amannya, bacalah label yang ada di susu sebelum kalian membelinya. Cobalah dengan mencari produk yang cantumkan berupa tulisan Ini adalah produk susu pasteurisasi. Apabila tak yakin, jangan sungkan bertanya pada petugas yang terdapat disekitar kalian.

Kemudian jika kalian mau beli dengan langsung susu dari peternak, ingatlah apakah susu itu telah lalui proses pasteurisasi atau justru tidak sama sekali.

Jangan lewatkan, melihat tanggal kadaluwarsa yang tertera. Yakinkan produk olahan susu yang kalian beli itu cukup layak untuk diminum atau tak lewati tanggal kadaluwarsa yang terdapat pada label kemasan tersebut.

Jika kalian mencium asam  atau aroma yang menyengat di susu yang kalian beli, cepatlah laporkan ke pihak penjual. Namun apabila sudah terlanjur beli, buang saja jangan pernah ada pikiran sayang kalau dibuang.

Demi menjaga kualitas tetap terjaga,sesudah sampai rumah  sesegeralah masukkan susu itu pada kulkas.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 1 =

Back to top button