Berikut Ini Tips Diet Sehat dan Cepat

jurnalnesia.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa bentuk tubuh masih menjadi problem bagi kebanyakan orang. Ada banyak alasan kenapa seseorang mempermasalahkan hal ini, salah satunya adalah keinginan untuk terlihat sama dengan idola mereka.

Bagi yang lainnya, bentuk tubuh atau penampilan menjadi tolak ukur seberapa sehat seseorang. Dan bagi yang sedang mencari pasangan, memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah syarat mutlak agar bisa menggaet lawan jenis.

Apapun alasan seseorang untuk mengutamakan bentuk tubuh, memiliki bentuk tubuh yang ideal menjadi pertanda bahwa tubuh yang dimiliki seseorang dalam kondisi yang sehat. Kenapa? Alasan yang paling sering terdengar adalah tubuh yang ideal adalah tanda bahwa tubuh memiliki lemak yang tidak terlalu banyak.

Seperti yang kita ketahui, lemak menjadi bagian yang penting bagi tubuh. Lemak bisa menjadi cadangan tenaga bagi tubuh disaat tubuh memerlukan tenaga lebih atau saat belum mendapatkan makanan. Dari sinilah yang menjadi alasan kenapa manusia tidak boleh sampai kehilangan lemak dalam tubuhnya. Tetapi, terlalu banyak menyimpan lemak dalam tubuh juga bukanlah hal yang sehat. Karena hal itu dapat menyebabkan obesitas dan membuat seseorang memiliki tubuh yang terlalu gemuk.

Tentu saja, karena tubuh yang gemuk ini membuat banyak orang menjadi minder. Dan dalam sisi kesehatan, obesitas dapat menyebabkan seseorang mengalami Hipertensi atau tekanan darah terlalu tinggi. Selain itu, obesitas juga dapat menyebabkan nafas menjadi pendek karena adanya tekanan di bagian dada oleh tumpukan lemak yang berlebih.

Mengetahui hal-hal di atas barangkali membuat anda sadar bahwa anda perlu melakukan diet. Tetapi, apakah semua cara diet itu sehat? Apakah diet hanya sebatas mengurangi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh kita? Atau apakah ada cara yang benar dan sehat agar diet bisa berhasil?

Tentu saja, tidak semua cara diet itu baik. Bagi banyak orang, diet hanya sekedar mengurangi jumlah makanan yang kita makan. Meskipun begitu, cara tersebut merupakan paham yang sangat keliru dan bahkan  memiliki risiko yang tinggi. Orang yang kekurangan asupan makanan bisa mengalami maag. Selain itu, tubuh bisa menjadi lemah karena tidak ada asupan untuk menambah tenaga.

Maka dari itu, pada artikel ini akan diberitahu bagaimana cara melakukan diet dengan cara yang sehat, aman dan relative cepat. Dilansir dari Fimela.com, berikut ini adalah cara diet yang sehat dan cepat.

Kurangi Asupan Karbohidrat

Lagkah awal untuk bisa diet dengan cara yang sehat dan cepat adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat. Perlu ditekankan bahwa ini hanyalah mengurangi, bukan menyingkirkan atau menghilangkan. Karena bagaimanapun juga, tubuh membutuhkan karbohidrat untuk bisa beraktifitas.

Nah, dengan mengurangi atau membataasi asupan karbohidrat, sudah pasti membuat jumlah kalori yang ada di dalam tubuh menjadi berkurang. Dengan berkurangnya kalori, kesempatan anda untuk bisa bebas dari tubuh yang gemuk dan terhindar dari obesitas menjadi meningkat.

Tidak sampai situ saja, dengan membatasi konsumsi karbohidrat dalam tubuh membuat kadar insulin menjadi berkurang juga.

Dan rupanya, diet dengan cara mengurangi jumlah karbohidrat jauh lebih efektif dan cepat terlihat hasilnya daripada diet dengan cara menguragi kadar lemak. Selain itu, diet dengan cara mengurangi kadar karbohidrat juga dinilai dapat mengurangi nafsu makan sehingga dapat menekan penyerapan kalori berlebih dalam tubuh.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Cara yang kedua adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Apakah makanan yang mengandung protein memiliki efek tertentu yang membuat kadar lemak dalam tubuh anda berkurang? Tentu saja. Makanan yang mengandung protein membuat tubuh cepat kenyang dan itu bertahan lama. Sudah pasti, dengan adanya efek ini membantu anda untuk melakukan langkah pertama, yaitu mengurangi asupan karbohidrat.

Beruntung, untuk dapat merasakan manfaat dari makanan berprotein, anda tidak perlu repot mencarinya dan harganya pun terbilang masih terjangkau. Bahan-bahan tersebut mulai dari daging sapi, daging kambing, daging ayam, ikan salmon, kerang, telur bebek, udang, telur ayam, telur puyuh, hingga berbagai macam kacang-kacangan, atau biji-bijian seperti kedelai. Anda dapat mengolah dan mencampurkan beberapa jenis makanan berprotein tinggi di atas agar dapat menjadi masakan yang enak dan sehat.

Makan Sayuran Rendah Karbohidrat

Cara diet yang sehat selanjutnya bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi sayuran dengan minim kandungan karbohidrat atau rendah karbohidrat. Seperti yang kita ketahui, sayuran memiliki banyak sekali manfaat.

Dan untuk suksesnya program diet sehat yang anda lakukan, anda bisa konsumsi sayuran rendah karbohidrat.

Dan berita baiknya, anda bisa makan sayuran rendah karbohidrat dengan porsi yang banyak tanpa takut kelebihan kalori dan menggagalkan diet sehat anda.

Lalu, sayuran apa saja yang tergolong rendah karbohidrat?. Contoh sayuran rendah karbohidrat adalah seperti brokoli, mentimun, bunga kol, bayam, selada, kubis, dan juga tomat.

Beberapa jenis sayuran ini dapat diolah menjadi makanan yang sehat dan sangat efektif untuk menurunkan berat badan serta tentunya merampingkan badan anda.

Makan sayuran rendah karbohidrat bisa menjadi salah satu cara diet sehat dan cepat yang patut anda coba.

Konsumsi Makanan dengan Kandungan Lemak Sehat

Apakah anda pernah dengar tips diet sehat yang satu ini? Rasanya aneh untuk mengonsumsi lemak di saat anda ingin diet. Tapi ternyata mengonsumsi lemak sehat itu bisa menjadi salah satu cara untuk mendukung program diet anda.

Sebagai informasi, meskipun sedang melakukan program diet, itu bukan menjadi alasan untuk tidak mengonsumsi makanan berlemak sama sekali. Anda masih dapat mengonsumsi makanan berlemak, tetapi lemak sehat.

Apa saja contoh makanan yang mengandung lemak sehat? Makanan dengan kandungan lemak sehat ini bisa anda peroleh dari minyak kelapa, minyak zaitun, mentega, dan buah alpukat.

Meskipun memiliki kandungan lemak, beberapa jenis makanan memiliki kandungan lemak baik dan berbagai nutrisi lain yang tentunya sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Dengan menjaga kesehatan tubuh anda, membuat program diet anda bisa berhasil.

Rajin Beraktifitas dan Olahraga

Sampailah anda pada tips yang terakhir. Meskipun berada di urutan terahir bukan berarti cara ini kurang penting. Aktifitas dan olahraga justru dapat mempercepat pengurangan jumlah lemak pada tubuh anda.

Aktivitas fisik yang dapat anda lakukan adalah seperti angkat beban. Dalam program diet sehat anda, aktivitas angkat beban mampu membakar kalori tubuh anda lebih cepat dan juga menghindari melambatnya metabolism. Melambatnya proses metabolisme tubuh dapat mempengaruhi upaya anda dalam penurunan berat badan.

Maka dari itu, anda dapat mencoba untuk mengikuti kelas fitness sebanyak 3 – 4 kali dalam seminggu dengan aktivitas angkat beban sebagai latihan utama. Jika anda merasa kesulitan dan tidak terlalu suka dengan aktifitas angkat beban, Anda bisa melakukan latihan kardio seperti berjalan santai, lari, bersepeda, berenang, maupun senam HIIT Cardio. Ini menjadi salah satu cara diet sehat dan cepat yang tidak boleh anda lupakan.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 12 =

Back to top button