Wajib Didapatkan, 9 Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Jurnalnesia.com – Asam lambung atau refluks asam terjadi ketika adanya aliran asam dari lambung menuju ke kerongkongan. Tentunya kondisi ini tidaklah normal dan bisa menyebabkan berbagai macam gejala yang mengganggu seperti heartburn.

Salah satu penyebab yang paling mungkin terjadi adalah karena sfingter esofagus bagian bawah (LES – lower esophageal sphincter) melemah atau bahkan rusak. Pada keadaan normal, LES tersebut biasanya tertutup untuk mencegah makanan di perut naik ke kerongkongan. Tetapi ketika organ tersebut melemas, maka asam lambung pun terjadi.

Banyak hal yang bisa menyebabkan anda terkena asam lambung, dimulai dari gaya hidup hingga pola makan yang buruk. Faktanya, terdapat beberapa jenis makanan yang bisa mempengaruhi produksi jumlah asam di perut anda.

Dengan kata lain, mendapatkan asupan makanan yang tepat bisa mengatasi gangguan asam lambung dan mencegahnya datang kembali, terutama jika anda sudah terkena refluks asam kronis yang sering disebut sebagai GERD (gastroesophageal reflux disease).

Jadi, pastikan anda mendapatkan beberapa makanan di bawah ini jika tengah menderita asam lambung.

1. Sayuran

Apapun jenis sayurannya, sudah terbukti bahwa makanan sehat ini sangatlah rendah akan lemak dan gula, sehingga bisa berkontribusi terhadap penurunan asam lambung anda. Tidak peduli apakah anda mengonsumsi sayuran yang mentah atau telah dimasak, keduanya bisa menjadi makanan yang tepat bagi anda.

Tetapi perlu dicatat bahwa tidak semua sayuran bisa anda makan secara bebas, terutama jenis yang mengandung asam atau senyawa tertentu termasuk bawang, tomat, dan paprika.

Sebaliknya, beberapa jenis yang boleh anda coba diantaranya kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, dan mentimun. Jenis sayuran akar bahkan bisa lebih efisien dalam mengatasi asam lambung anda seperti kentang, ubi, wortel, dan lain sebagainya.

2. Jahe

1 2 3 4Laman berikutnya
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 3 =

Back to top button