7 Cara Mengobati Flu Hidung Tersumbat Tanpa Ribet

Jurnalnesia.com – Cuaca saat ini tidak bisa kita prediksi, hujan bisa datang kapan saja. Inilah yang membuat kita maupun keluarga kita dapat terserang penyakit. Salah satunya adalah penyakit flu. Hampir semua manusia pernah merasakan flu. Kebanyakan orang merasa demam sebelum akhirnya menjadi batuk dan pilek.

Salah satu momen yang paling menyebalkan saat flu adalah ketika hidung kita tersumbat. Hidung tersumbat bisa mengganggu aktivitas yang sedang kita lakukan. Selain karena sulit bernafas, hidung tersumbat juga menimbulkan rasa yang kurang nyaman.

Kejadian ini juga sering terjadi pada saat kita sedang tidur. Hidung yang tersumbat membuat cairan yang keluar dari hidung tidak terkendali. Alhasil, yang tadinya ingin beristirahat justru sibuk mengelap hidung. Seharusnya bangun pagi badan segar malah sebaliknya karena tidak bisa tidur.

Anda dapat mencoba 7 Tips cara mengobati hidung tersumbat dibawah ini agar waktu istirahat maupun saat beraktivitas anda tidak terganggu.

Mengompres hidung anda menggunakan air hangat.

Cara ini dapat kita terapkan untuk mengobati hidung tersumbat pada bayi maupun orang dewasa. Pada dasarnya cara ini bertujuan untuk mencairkan lender yang menyumbat hidung kita agar dapat dengan mudah mengalir keluar. Anda dapat menggunakan kain kecil seperti sapu tangan maupun handuk kecil. Kain kecil tersebut dapat anda celupkan pada ember atau baskom yang berisi air panas. Kemudian bisa anda letakan kain kecil tersebut pada hidung anda.

Mengeluarkan ingus (cairan pada hidung)

Bila anda sudah merasakan adanya cairan pada hidung, segera keluarkan cairan tersebut. Tujuannya adalah agar cairan tersebut tidak menumpuk sehingga hidung anda menjadi tersumbat. Namun apabila flu ini terjadi pada anak – anak terutama bayi yang belum bisa mengeluarkan ingus sendiri, anda dapat menggunakan bantuan alat. Alat tersebut bernama aspirator atau alat yang berfungsi untuk menghisap cairan pada hidung. Aspirator dapat anda beli di Apotek.

Menjaga badan tetap hangat

Jika anda memiliki ruangan yang ber AC. Ada baiknya anda mematikan perangkat tersebut untuk sementara waktu, hingga anda benar – benar pulih. Suhu dingin salah satu faktor yang membuat hidung anda tersumbat. Memakai jaket pada saat beraktivitas atau menggunakan selimut pada saat istirahat dapat anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat.

Memijat hidung

1 2Laman berikutnya
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 4 =

Back to top button