Menderita GERD? Berikut 8 Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami

Jurnalnesia.com – Jutaan orang di seluruh dunia selalu menderita gangguan asam lambung dari waktu ke waktu yang diakibatkan oleh gaya hidup dan pola makan yang buruk. Kondisi ini terjadi ketika asam lambung secara tidak sengaja terdorong ke atas kerongkongan anda.

Meskipun pada kebanyakan kasus cenderung tidak berbahaya, tetapi jika reflux tersebut terjadi dalam kurun waktu yang terbilang lama dan parah, maka berpotensi membakar bagian dalam kerongkongan anda.

Salah satu gejala dari asam lambung sendiri adalah heartburn, yang mana sebanyak 20-40% penderitanya mengembangkannya menjadi GERD (gastroesophageal reflux disease) dan merupakan bentuk paling serius dari asam lambung.

Selain itu, heartburn tersebut juga bisa membuat anda merasakan adanya rasa asam di area belakang mulut sekaligus kesulitan saat menelan. Pada beberapa kasus yang lebih parah, anda pun bisa mengalami batuk-batuk, asma, erosi gigi, hingga sinus yang meradang.

Maka dari itulah, asam lambung harus anda atasi secepatnya. Terdapat beberapa makanan yang mampu menenangkan serta mengatasi asam lambung secara alami. Jika digabungkan pola makan tersebut dengan gaya hidup sehat, tentunya penanganan asam lambung bisa menjadi lebih efektif.

Adapun beberapa cara mengobati asam lambung berdasarkan pola makan dan gaya hidup sudah kami susun secara lengkap di bawah ini.

1. Hindari Makan Berlebih

Terdapat sebuah otot yang berbentuk seperti cincin di dalam perut anda, yang mana dikenal dengan sebutan sfingter esofagus bagian bawah, dan bertindak sebagai katup dan mencegah isi perut seperti asam lambung naik ke kerokongan anda. Secara alami, otot cincin ini akan terbuka saat anda menelan makanan, bersendawa, atau muntah.

Tetapi bagi para penderita asam lambung, otot ini cenderung terlihat lebih lemah atau bahkan tidak berfungsi sama sekali sehingga memungkinkan asam lambung masuk melalui lubang otot tersebut dan naik ke kerongkongan anda.

Jadi tak heran jika sebagian besar gejala asam lambung terjadi setelah seseorang selesai makan. Maka dari itulah, pastikan anda untuk selalu memilih jenis makanan yang tepat demi menghindari munculnya gejala, dan tidak makan dalam porsi besar sekali waktu.

2. Ikuti Diet Rendah Karbohidrat

Para ilmuwan telah menduga bahwa karbohidrat yang tak tercerna dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri berlebih sekaligus meningkatkan tekanan dalam perut seseorang, yang kemudian muncul teori bahwa asupan karbohidrat berlebih bisa menjadi penyebab paling umum seseorang terkena asam lambung.

Disebutkan pula bahwa pertumbuhan bakteri berbahaya di dalam perut seringkali dikarenakan adanya gangguan pencernaan dan penyerapan karbohidrat berlebih di perut.

Artinya, memiliki kadar karbohidrat berlebih yang tak tercerna di dalam sistem pencernaan anda akan menyebabkan tubuh mengeluarkan gas, perut kembung, dan sering bersendawa.

Seperti yang sudah ditulis di atas bahwa keseringan bersendawa bisa membuat sfingter esofagus bagian bawah anda terbuka sehingga gejala asam lambung pun akan semakin parah.

Maka dari itulah, pola makan rendah karbohidrat harus dilakukan jika anda ingin mengatasi gejala atau gangguan asam lambung yang kurang menyenangkan tersebut.

3. Hindari Minuman Beralkohol

1 2 3Laman berikutnya
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen + 15 =

Back to top button