Mengenal Macam – Macam Media Promosi untuk Memasarkan Suatu Produk.

Jurnalnesia.com – Memasarkan sebuah produk atau yang bisa disebut dengan promosi pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tahukah kalian bahwa sebuah pemasaran dibagi menjadi dua jenis, yaitu pemasaran secara langsung dan pemasaran secara tidak langsung.

Pengertian Pemasaran Secara Langsung

Pemasaran secara langsung dapat dikatakan juga dengan direct marketing. Yang dimaksud dari pemasaran secara langsung adalah pemasaran yang menggunakan strategi melakukan kontak langsung terhadap konsumen.

Pengertian Pemasaran Secara Tidak Langsung

Sedangkan pemasaran secara tidak langsung merupakan sebuah strategi pemasaran yang memanfaatkan sebuah media untuk menjadi perantara antara penjual dengan konsumen.

Semakin maju teknologi kita, maka semakin banyak pula jenis dari kegiatan promosi. Jika di masa lampau hanya terdapat kegiatan promosi secara langsung, dimana para penjual langsung menawarkan produknya kepada sang konsumen. Maka di zaman sekarang pun sangat jauh berbeda. Para penjual produk bisa langsung mempromosikan barang dagangannya secara tidak langsung walau tidak berhadapan dengan konsumen.

Nah jika kalian sudah mengetahui perbedaan antara pemasaran secara langsung maupun pemasaran secara tidak langsung, apakah kalian tahu apa saja contoh dari kedua jenis pemasaran tersebut?

Berikut kami rangkumkan beberapa contoh pemasaran produk.

Contoh Pemasaran Secara Langsung

  1. Personal Selling

Personal Selling merupakan salah satu contoh pemasaran langsung yang dimana cara memasarkan produknya dilakukan dengan bertatap muka secara langsung antara sang penjual dan sang pelanggan.

  • Telemarketing

Telemarketing adalah salah satu jenis pemasaran secara langsung yang dimana pemasarannya menggunakan sebuah media komunikasi suara.

  • Catalog Marketing

Catalog marketing merupakan  salah satu strategi pemasaran yang menggunakan sebuah katalog atau sebuah buku yang berisi daftar harga jual produk.

Contoh Pemasaran Secara Tidak Langsung

  1. Pemasaran dengan menggunakan Iklan

Contoh yang pertama untuk pemasaran secara tidak langsung adalah Media Iklan. Pemanfaatan sebuah iklan dalam kegiatan pemasaran ini membuat produk kita dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Untuk media iklan sendiri bisa disalurkan melalui media cetak seperti Koran, majalah, brosur. Sedangkan untuk media digital bisa disalurkan dengan televisi, radio, dan media sosial.

  • Media Humas

Media Humas adalah salah satu contoh pemasaran secara tidak langsung yang dimana menggunakan masyarakat sebagai perantaranya.  Untuk pemasaran melalui media hubungan masyarakat, mereka memanfaatkan seorang public relation untuk terjun langsung ke masyarakat.

  • Media Online

Online marketing merupakan sebuah strategi pemasaran secara langsung yang memanfaatkan jaringan internet dalam memasarkan sebuah produk. Online marketing disebut sebagai pemasaran secara langsung karena biasanya para penjual menawarkan produknya secara langsung kepada para pelanggan menggunakan social media maupun platform online.

Setelah membaca uraian diatas, kalian pasti sudah tahu apa perbedaan dari Pemasaran Secara langsung dan Pemasaran Secara Tidak Langsung. Kalian pasti sudah paham contoh dari masing – masing jenis pemasaran.

Nah kalau begitu, cukup sekian untuk artikel ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam mencari informasi .

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine − 6 =

Back to top button