Pentingkah Kemampuan Presentasi untuk Karier?

Jurnalnesia.com – Kita mungkin sudah menerapkan kegiatan presentasi sejak bangku sekolah. Dimulai dari sekolah tingkat menengah, ada beberapa guru mata pelajaran yang menyuruh siswanya untuk melakukan presentasi. Hingga lanjut ke jenjang mahasiswa yang makin sering melakukan sebuah presentasi.

Mungkin awalnya kita mengira bahwa sebuah presentasi hanya digunakan untuk suatu kegiatan pembelajaran dan hanya untuk mengisi nilai. Namun sebenarnya tujuan dari presentasi bukanlah hanya sekedar itu.

Pengenalan presentasi dari bangku sekolah merupakan suatu pembelajaran, dimana kita diajarkan untuk berani public speaking. Hal ini tentunya juga melatih kemampuan skill presentasi. Skill Public Speaking dan Skill Presentasi inilah yang akan berguna bagi para pelajar hingga mereka memasuki dunia kerja.

Pengertian Kemampuan Presentasi

Kemampuan Presentasi merupakan kemampuan menyampaikan sebuah presentasi dengan baik. Hal ini tentunya selalu diikuti dengan Skill Public Speaking. Dengan adanya skill Public Speaking yang baik, pasti kemampuan presentasi juga sangat baik.

Sebuah presentasi dapat dikatakan berjalan dengan baik apabila ketika melakukan presentasi, kita mendapatkan sebuah feedback dari para audiences. Feedback tersebut berupa Respon atau tanggapan seperti adanya pengajuan pertanyaan.

Pentingnya Kemampuan Presentasi dalam Pekerjaan

Sebuah skill kemampuan Presentasi tentunya sangat penting bagi karier kamu. Jika kamu bekerja di suatu perusahaan, bisa saja kamu melakukan presentasi setiap harinya. Nah apa saja manfaat dari Kemampuan Presentasi?

  1. Membantu kamu dalam hal meningkatkan Kariermu.

Jika kamu melakukan presentasi dengan baik dan jelas, bisa saja atasan kamu lebih percaya kamu untuk menjalankan suatu proyek besar kedepannya. Hal ini disebabkan karena melakukan sebuah presentasi yang baik tentunya dapat memenangkan hati para audiences. Sehingga kamu bisa saja mendapatkan kepercayaan dari mereka.

  • Menambah rasa Percaya Diri

Selain mengembangkan kariermu, kemampuan presentasi yang baik juga dapat menambah rasa percaya dirimu. Rasa percaya diri dan Optimis untuk melakukan presentasi dan public speaking membuat kamu akan mulai terbiasa akan hal itu. Tentunya ini juga sangat bagus dala kariermu.

Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Presentasi

Bila kamu merasa kamu tidak mempunyai kemampuan presentasi, itu adalah suatu kesalahan besar. Kamu pasti bisa melakukan itu. Berikut telah kami rangkumkan caranya :

  1. Sering Berlatih

Jika kamu ingin meningkatkan kemampuanmu dalam presentasi, jelas kamu harus lebih sering berlatih. Hal ini akan membuatmu menjadi terbiasa dalam melakukan sebuah presentasi.

  • Percaya pada kemampuan diri Sendiri

Untuk selanjutnya, yakinilah diri sendiri bahwa kamu bisa melakukannya. Katakan pada diri sendiri bahwa kamu bisa dan tidak perlu gugup dalam melakukan presentasi.

  • Berlatih dari Gaya orang lain

Jika kamu merasa belum mempunyai gayamu sendiri, kamu bisa mencari referensi dari gaya presentasi orang lain. Hal ini boleh saja dilakukan.

Presentasi tidak harus selalu serius, kamu juga bisa menyelipkan sedikit candaan agar tidak terlalu kaku.

Hal – Hal yang Perlu diperhatikan saat membuat materi presentasi.

Mungkin telinga kita sudah tidak asing lagi jika mendengar kata “Presentasi”. Bagaimana tidak, kita mungkin sudah menerapkannya dari jaman kita duduk di bangku sekolah.

Presentasi merupakan suatu tindakan dari public speaking yang dimana kita berbicara mengenai suatu informasi kepada banyak orang.

Presentasi harus dilakukan dengan maksimal agar tujuan kamu tercapai. Untuk mencapai hal itu, kamu harus mencegah agar para audiences tidak merasa bosan.

Maka dari itu, simak beberapa tips dari kami agar bisa kamu terapkan saat membuat materi presentasi!

  1. Pilihlah Background yang menarik

Untuk yang pertama, beri background yang menarik. Apasih yang dimaksud dengan Background yang menarik? Yang dimaksud dalam hal ini adalah menggunakan background yang berwarna namun tetap simple.

Hindari sebuah background yang ramai akan hiasan ditengah – tengahnya. Sebaiknya, kamu menggunakan sebuah background yang berwarna terang dan mempunyai ruang kosong di tengah background.

  • Mainkan perpaduan warna Gelap danTerang

Memilih perpaduan warna antara Gelap dan Terang itu juga penting. Jika kamu Memilih Background yang berwarna cerah, gunakan warna gelap untuk font – nya. Begitupula sebailknya.

Hal ini bertujuan agar audiences bisa membaca sebuah tulisan yang ada di materi presentasi kamu.

Bayangkan jika kamu memilih warna terang untuk background dan font di materi presentasi kamu, pasti akan membuat para audiences agak kesusahan saat membaca materi presentasi kamu.

  • Gunakan Font yang mudah dibaca

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah fonts. Penggunaan fonts yang simple dapat memudahkan para audiences untuk membaca materi presentasi kamu.

Selain itu, penggunaan font yang simple dan mudah dibaca dapat membuat materi presentasi kamu menjadi sejuk saat dilihat.

  • Membuat teks yang sederhana di setiap slide

Yang terakhir, gunakan teks yang sederhana dalam setiap slide. Kamu harus bisa mengatur sebuah kalimat agar tidak terlalu panjang.

Cukup ketik poin atau inti dari kalimat yang akan kamu sampaikan. Hindari menulis kalimat yang panjang dalam satu slide.

Hal ini akan membuat audience bosan dan tidak tertarik akan materi presentasi kamu.

Nah begitulah tips untuk membuat materi presentasi yang tidak membosankan. Boleh kamu coba bila kamu merasa setuju dengan saran diatas.  Pembuatan  materi presentasi yang menarik dapat menarik perhatian audiences.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + fourteen =

Back to top button