Mengenal Bisnis Franchise Dan Jenis Bisnisnya

Jurnalnesia.com – Mengenal Bisnis Franchise Dan Jenis Bisnisnya. Apa itu franchise? Franchise sendiri merupakan model bisnis yang menguntungkan banyak orang. Baik pebisnis yang baru terjun maupun pebisnis profesional,semuanya dapat kita dapatkan dari bisnis franchise ini. Di Indonesia sendiri banyak sekali model bisnis franchise yang menjanjikan dan prospek ke depannya sangat bagus.

Franchise sebenarnya makna dari waralaba. Dalam bahasa Indonesia sendiri waralaba adalah kerjasama dalam bidang usaha yang disepakati dalam kedua belah pihak. Adapun beberapa makna sebutan franchise yang perlu anda ketahui.

Dalam bisnis franchise terdapat bebarapa istilah yang sering digunakan, di antaranya:

1. Franchisor

Franchisor adalah pemilik waralaba, perorangan atau sebuah badan organisasi yang memberikan usahanya kepada seseorang yang akan menjalankan bisnisnya.

2. Franchisee

Franchisee adalah penerima waralaba yang mendapatkan bisnisnya dari franchisor,mendapat hak sepenuhnya  membuat ia harus mengelola bisnis tersebut.

3. Franchise Fee

Franchise fee adalah biaya awal yang harus dibayar oleh penerima waralaba sebelum memulai bisnis yang sudah disepakati. Biaya tersebut bermacam macam yaitu harus membayar sesuai kesepakatan yang sudah disepakati bersama.

4. Royalty Fee

Royalty fee merupakan biaya yang harus dibayarkan oleh penerima waralaba saat sudah menjalankan usahanya. Biasanya diambil dari persentase pendapatan yang diterima oleh franchisee setiap bulan dan dihitung agar benar.

Bisnis franchise sendiri dibedakan menjadi dua bentuk yaitu :

1 2 3Laman berikutnya
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × four =

Back to top button