Vaksin AstraZeneca Hanya Diperuntukan Bagi Warga Berusia di Bawah 55 Tahun

Jurnalnesia.com – Spanyol menetapkan pembatasan untuk penggunaan vaksin AstraZeneca. Rupanya vaksin dari AstraZeneca hanya boleh digunakan kepada warga yang berusia di bawah 55 tahun. Karena hal ini membuat Spanyol menjadi negara Eropa yang terbaru dalam memberlakukan pembatasan usia terhadap penggunaan vaksin tersebut.

Dikutip dari AFP, Kementerian Kesehatan Spanyol menerangkan bahwa Komisi kesehatan masyarakat, pada pertemuan pada hari Jumat dan mengikuti bukti ilmiah, telah setuju untuk penetapan usia maksimal 55 tahun bagi warga untuk mendapatkan vaksin AstraZeneca ini.

Negara Spanyol direncanakan bakal menerima pengiriman pertama vaksin AstraZeneca akhir pekan ini.

Sampai sejauh ini, Spanyol diketahui sudah berhasil memvaksinasi hampir dua juta orang dan berencana untuk mencakup sampai 70 persen dari populasinya pada akhir musim panas tahun ini.

Di lain sisi, Carolina Darias sebagai Menteri Kesehatan mengungkapkan bahwa pihak Spanyol terbuka untuk menggunakan vaksin Sputnik V Rusia selama disetujui oleh regulator dari Eropa.

Negara Spanyol merupakan salah satu negara di Eropa yang terdampak parah oleh pandemi Corona ini. Sejauh ini sudah tercatat lebih dari 61.000 kasus kematian dari hampir tiga juta kasus orang terinfeksi Virus Corona.

Sebelumnya, EMA atau European Medicines Agency telah memberikan rekomendasi terhadap penggunaan vaksin Covid-19 garapan AstraZeneca / Universitas Oxford pada orang di atas usia 18 tahun. EMA menyatakan vaksin bisa diberikan juga kepada orang tua.

Keputusan itu membuat Vaksin garapan AstraZeneca menjadi vaksin ketiga yang diizinkan untuk digunakan di wilayah Eropa. Vaksin AstraZeneca menunjukkan tingkat keberhasilan sampai sekitar 60 persen dalam proses uji coba yang menjadi dasar untuk keputusan tersebut.

Meski begitu, sampai saat ini belum ditemukan hasil yang cukup kuat untuk mengetahui seberapa efektif vaksin ini bekerja pada orang berusia di atas 55 tahun. .

Selain negara Spanyol, terdapat negara Eropa lain yang lebih dahulu mengizinkan penggunaan vaksin AstraZeneca untuk warganya, yaitu Prancis , Jerman, dan Belanda. Namun, ketiga negara itu mengizinkan penggunaan untuk warga berusia di bawah 65 tahun.

Sementara itu, negara Inggris telah menggunakan vaksin AstraZeneca ini pada warga semua umur.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × four =

Back to top button