Cara Menentukan Strategi Harga Jual Produk Anda

Jurnalnesia.com – Price (atau harga) adalah sebuah elemen penting dalam marketing mix usaha Anda. Seperti yang kita tahu selain price ada P yang lain: Product, Promotion, Place, dan kadang ditambahkan People. Perhatikan baik baik…, di antara 5P di atas cuma Price yang berhubungan langsung dengan revenue atau pendapatan usaha. Lainnya lebih terletak pada struktur cost atau biaya. Pendeknya, pricing strategy itu penting.

Pada prakteknya ada Cara Menentukan Strategi Harga Jual jasa atau produk kamu. Yang pertama adalah dari Perspektif Biaya. Maksudnya meliht dari perspektif biaya adalah mengadakan produknya dahulu, lalu mengestimasi biayanya, dikasih margin, barulah hl tersebut menentukan harga jualnya ke pasaran.  Jadi biaya produk menjadi variabel penentu harga jual.

Praktek Cara Menentukan Strategi Harga Jual dengan cara pertama di atas sangat umum dilakukan di Indonesia. Mengapa? Karena mudah dan kita dengan cepat bisa menentukan harga jual dan profit yang kita inginkan. Sayangnya, harga jual tersebut sangat produsen-egosentris. Tanpa mau melihat kebutuhan konsumen sekonyong-konyong menentukan margin yang kadang terlalu banyak, kadang terlalu sedikit.

Cara kedua yang sedang populer adalah Perspektif Pasar. Disebut perspektif pasar karena berapa margin yang kita mau bukanlah hal yang utama, tapi yang utama adalah berapa margin maximum yang bisa kita raih dengan menjual produk tertentu.

Yang penting dari cara kedua adalah memperhatikan “berapa sih harga yang konsumen willing to spend” dan bagaimana persepsi harga sudah dibentuk oleh kompetisi. Ketika kedua analisis di atas sudah di dapatkan, kita baru bisa melihat sebesar apa opportunity harga yang tersisa. Apakah masih ada ruang untuk margin seperti yang kita mau? Kalau mengambil margin seperti keinginan kita, kita juga bisa mendeteksi seberapa besar demand terhadap produk kita.

1 2Laman berikutnya
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 4 =

Back to top button