Belajar Bisnis Dagang Dari Nol Terbaru 2021

Jurnalnesia.com – Saat ini menekuni usaha dagang adalah salah satu dari pilihan bisnis yang sangat menjanjikan. Selain karena mudah dipelajari, memulai dagang dari tempat sendiri juga tidak terlalu memerlukan modal yang besar.

Maka tidak heran dagang banyak dipilih masyarakat sebagai upaya awal belajar bisnis.

Jika Anda seorang pendatang baru dan belum pernah memiliki riwayat sebagai pengusaha atau pebisnis maka tidak perlu merasa takut untuk bersaing dengan usaha yang sudah ada, karena diluaran sana banyak sekali jenis usaha dagang yang sudah terbukti sukses.

Dengan memanfaatkan garasi, dapur, halaman rumah dan tanah kosong sekitar rumah dapat memangkas pengeluaran awal seperti halnya jika Anda menyewa ruko atau kios dekat dengan jalan.

Cara tersebut dapat membuat Anda menghemat biaya modal awal yang cukup besar, sehingga modal yang Anda miliki bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

10 Cara Memulai Belajar Bisnis Dagang Dari Rumah Agar Cepat Sukses

Berikut adalah beberapa panduan yang sudah terbukti sukses bagi Anda yang ingin memulai belajar bisnis dagang dari rumah.

1. Meminta Dukungan Keluarga

Keluarga merupakan bagian paling dekat dengan kita dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya mendapatkan dukungan dari pihak keluarga akan membuat kita memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan tanpa dukungan.

Apalagi tujuan Anda belajar bisnis dagang semata-mata untuk membahagiakan mereka akan menjadikan kita lebih terdorong dan termotivasi untuk semakin dekat dengan kesuksesan.

Berbeda halnya jika tanpa dukungan keluarga dekat, maka bisa saja mereka menjadi salah satu penghambat jalan Anda  menuju kesuksesan. Karena dukungan dari keluarga berupa material dan nonmaterial sangat memberi pengaruh besar diawal Anda merintis usaha.

Oleh karena mintalah dukungan keluarga dari awal mulai merintis hingga Anda sukses suatu saat nanti.

2. Belajar Administrasi Keuangan

Hal yang paling penting Anda perhatikan ketika mulai belajar bisnis dagang adalah masalah Administrasi. Mulailah belajar untuk melakukan pencatatan administrasi secara tertib dan rapi.

Hal ini perlu dilakukan agar bisa menjadi bahan evaluasi mingguan dan bulanan. Mulai dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan meskipun usaha Anda masih berskala kecil. Kebiasaan mencatat keuangan akan menjadi kebiasaan baik sampai nanti usaha Anda besar.

Karena betapa banyak yang kami jumpai pedagang pemula yang sudah tutup karena menyepelekan administrasi dan mencampur keuangan pribadi dengan modal usaha.

3. Jauhkan Pikiran dari Kegagalan

Para motivator bisnis dan kalangan orang-orang yang telah sukses lebih dahulu selalu berpesan agar kita selaku pengusaha atau pedagang untuk selalu memperbaiki mindset agar terus dalam mindset positif.

Dalam mindset positive diajarkan bahwa tidak ada yang namanya kegagalan yang ada hanyalah pengalaman untuk menjadi lebih baik lagi. Dan ini memang benar Adanya, pasti masing-masing dari kita pernah berbuat salah.

Namun jangan sampai Anda berpikir Anda akan terus-terusan berbuat salah yang menyebabkan kegagalan dalam berbisnis. Jauhkan pikiran kegagalan semacam ini dan jadilah orang yang lebih positif dengan terus membaca buku dan mendengarkan seminar usaha gratis melalui channel Youtube.

4. Tentukan Visi dan Misi Bisnis

Visi dan Misi juga penting untuk diperhatikan. Karena ini seperti pembangkit yang dapat menggerakan roda usaha. Semakin jelas visi dan misi Anda maka jalan untuk mencapai jalan tersebut perlahan-lahan menjadi lebih cepat dicapai.

Misalnya saja, Anda menetapkan target omset 100 juta dalam beberapa 1 tahun. Maka target tersebut bisa Anda pecah-pecah lagi menjadi perminggu atau perbulan agar semakin dekat dan lebih cepat tercapai.

Akan sangat berbeda jika usaha yang Anda jalankan tidak punya visi dan misi yang jelas, sehingga tidak memiliki tolak ukur kesuksesan.

5. Hitung Kebutuhan Modal

Permasalahan modal awal memang menjadi kendala bagi orang yang baru mau belajar bisnis dagang atau usaha. Mereka beranggapan bahwa modal usaha haruslah besar sehingga barang jualan, tempat, karyawan dan pemasaran semua tercover.

Kenyataan tidak demikian, jika Anda memiliki hitungan cermat dan teliti tentu akan menemukan barang-barang penting yang harus dibeli di awal usaha. Sehingga modal tidak keluar banyak untuk hal-hal yang kurang produktif.

6. Pilih Bidang Sesuai Passion

Banyak yang menganjurkan usaha atau bisnis maupun belajar dagang dimulai dari passion terlebih dahulu. Selain pekerjaanya menjadi lebih mudah kalau ditinjau dari sisi pengetahuan Anda tentang produk dan lebih ringan karena meski belum menghasilkan banyak keuntungan, paling tidak Anda sudah senang karena ini terkait hobi sehari-hari.

7. Pilih Waktu untuk Memulai

Momen-momen mendekati bulan Ramadhan merupakan waktu yang paling tepat untuk belajar berjualan. Karena Anda tidak perlu riset pasar terkait apa yang akan laku dan tidak laku.

Anda bisa langsung menyimpulkan dari pengalaman tahun sebelumnya dan melihat juga barang-barang yang paling sering Anda beli. Maka saat bulan ini sudah dekat segera siapkan barang-barang tersebut dan mulai usaha dari rumah sendiri.

Dengan modal kecil Anda sudah bisa melakukan stok untuk produk kurma, kue lebaran, baju koko dan beberapa hal terkait bulan yang mulia ini.

8. Tentukan Keunikan dari Produk

Saat Anda sudah berada dalam usaha pasti tidak jauh dari yang namanya persaingan. Dalam menyikapi hal ini maka pastikan Anda memiliki produk biasa dan produk premium. Produk biasa ini untuk memikat orang terlebih dahulu agar mau melakukan transaksi dengan Anda.

Dengan melakukan transaksi orang lain akan yakin bahwa Anda dapat dipercaya termasuk produk-produk yang Anda jual. Maka menawarkan produk premium yang memiliki keunikan dari produk pesaing dengan harga yang lebih mahal dapat menjadi senjata utama yang dapat mendongkrak omset dan keuntungan usaha lebih cepat.

Produk unik juga menjadikan brand Anda memiliki kesan berbeda dalam pandangan pembeli dan pelanggan. Terus pertahankan hal ini akan usaha Anda terus berkembang.

9. Lakukan Promosi Secara Tepat

Selain belajar menyediakan produk-produk berkualitas yang dapat membuat penjualan, hal-hal terkait marketing atau promosi juga tidak kalah penting. Kini usaha Anda dapat menjangkau lebih banyak orang dengan melakukan promosi melalui media-media periklanan dan sosial media yang memiliki banyak Anggota dan komunitas.

Anda bisa mulai belajar promosi organik(tidak berbayar) sebelum akhirnya menggunakan fasilitas berbayar. Tapi lebih bagusnya menggabungkan kedua cara ini. Saat Anda sudah menemukan metode yang paling cocok untuk produk miliki Anda maka teruslah jaga cara tersebut sambil melakukan riset cara-cara yang lebih efektif lagi.

10. Berikan yang Terbaik

Orang Indonesia atau negara lain yang menjadi target pasar produk Anda memang bukan dari kalangan raja. Namun kebanyakan dari mereka memang selalu suka diperlakukan seperti raja dan tidak suka dengan hal-hal yang rumit.

Tugas Anda sebagai seorang yang belajar bisnis dagang harus mampu menghadirkan solusi yang dapat memangkas kerumitan tersebut. Misal untuk yang sekarang, bagi pembeli yang malas transfer maka solusi bayar ditempat merupakan cara ampuh untuk membuat mereka tidak mau menolak lagi untuk segera beli dari tempat Anda.

Demikianlah rangkuman terkait cara bisnis dagang bagi pemula dan orang-orang yang sedang mencari sumber penghasilan baru. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa melalui channel dan sosial media milik Anda.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 5 =

Back to top button