Lakukan Hal ini, Agar Aksimu saat Presentasi tidak Membosankan!

Jurnalnesia.com – Presentasi adalah kegiatan yang dimana seseorang berbicara dihadapan banyak orang untuk menginformasikan atas materi yang sedang dibawakan. Biasanya tujuan orang yang melakukan presentasi adalah untuk membuat audience paham dan mengerti dengan jelas akan materi yang dibawakan. Dan tidak jarang pula, kebanyakan para audience menunjukkan sifat yang seakan – akan tidak tertarik dengan materi yang dipresentasikan. Kalau begini, bisa dibilang kalau presentasi yang kamu lakukan itu tidak maksimal.

Sebuah presentasi dapat dikatakan dengan baik apabila presentasi tersampaikan dengan baik sehingga para audience dapat menangkap informasi yang disampaikan. Kalau begitu, faktor dari keberhasilan presentasi adalah dari sang moderator dan juga para audience – nya. Nah kalau dari audiences ini, tergantung kepada bagaimana cara sang moderator.

Sebagai moderator, kamu harus tahu beberapa cara agar presentasimu dapat berjalan dengan baik. Nah, berikut ada beberapa cara yang telah kami rangkum untuk membantumu saat presentasi :

Berpakaian yang Rapi.

Penampilanmu adalah yang utama saat melakukan presentasi. Tidak hanya saat presentasi, penampilanmu itu penting bagi setiap situasi. Pada saat presentasi, pastikan penampilanmu sudah baik, dan rapi.

Utamakan Senyum.

Untuk selanjutnya, jangan lupa untuk senyum. Senyum juga penting saat presentasi, dengan senyum kamu bisa menambah kesan ramah pada diri kamu.

Gunakan desain Power Point yang menarik

Lalu hal lain yang tak kalah penting adalah Power point yang menarik. Power Point biasanya dijadikan sebagai bahan untuk menyampaikan materi. Nah, kamu harus bisa memilih desain power point yang menarik untuk bahan presentasimu.

Hindari menaruh tulisan full pada satu layar.

Kalau yang satu ini adalah hal yang kamu patut kamu hindari. Menaruh tulisan full hingga memenuhi layar itu kurang efektif ya. Hal ini bisa membuat para audience merasa bosan. Selain merasa bosan, para audiences juga tidak bisa menangkap inti dari pembahasan yang kamu berikan. Kalau bisa, masukkan kalimat inti dari setiap pembahasan yang kamu sedang kamu bahas.

Gunakan Bahasa yang Mudah dipahami

Untuk yang terakhir, gunakan bahasa yang mudah dipahami. Maksudnya, kamu harus bisa memilih penggunaan bahasa yang simple dan tidak berbelit – belit. Hal ini sangat penting agar para audience bisa menagkap informasi yang kamu sampaikan.

Nah, beberapa hal diatas bisa kamu coba saat kamu melakukan presentasi. Semoga informasi diatas dapat membantu ya.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − six =

Back to top button