Daerah Wamena Papua Diguncang Gempa M 5,1

Jurnalnesia.com – Guncangan gempa bumi berkekuatan sebesar magnitudo 5,1 terjadi di wilayah Jayawijaya, Papua pada hari Senin (26/1) dini hari WIB. Menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa itu mulai mengguncang pada pukul 04.49 WIB.


Pusat gempa atau episentrum berada sekitar 53 kilometer di tenggara Kabupaten Jayawijaya, Papua. Pusat gempa di bawah permukaan bumi atau biasa yang disebut sebagai hiposentrum memiliki posisi pada kedalaman hingga 15 kilometer. Beruntung, pada gempa bumi kali ini, BMKG beekata bahwa tidak adanya potensi serangan tsunami yang akan menyusul pada gempa kali ini.


Dilaporkan bahwa gempa itu sendiri guncangannya terasa di daerah Wamena dengan skala intensitas II-III. Skala intensitas tersebut berarti bahwa getaran tersebut termasuk lemah dan terasa seperti truk besar yang akan lewat.


Pada keterangan dari Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno yang diterima pada jam 05.25 WIB, bahwa pusat gempa itu berjarak sekitar 48 kilometer ke arah selatan dari kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya.


Dengan memerhatikan lokasi episentrum serta kedalaman hiposentrumnya, Bambang Setiyo Prayitno berkata bahwa guncangan yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktifitas sesar lokal.


Bambang Setiyo Prayitno mengatakan bahwa hasil dari analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)


Selain itu, hingga jam 05.20 WIB hari ini, Hasil pengawasan oleh BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Hingga berita ini ditulis, belum diketahui secara pasti apakah ada dampak terhadap kerusakan atau korban dari gempa bumi yang terjadi pada Senin dini hari tersebut.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + 1 =

Back to top button